Kartu Undangan Nikah

Kartu Undangan Pernikahan Yang Unik, Undangan Nikah Kreatif, Undangan Nikah Modern, Undangan Nikah Semarang, Undangan Nikah Jawa, Undangan Nikah Kalender, Undangan Nikah Facebook, Undangan Nikah Kartun, Undangan Nikah Dalam Bahasa Inggris, Undangan Pernikahan Emas, Undangan Pernikahan Gaul, Undangan Pernikahan Yang Murah, Desain Undangan Pernikahan Islami Unik, Undangan Pernikahan Softcover Unik, Undangan Pernikahan Di Bekasi
kartu undangan nikah

Undangan Pernikahan Jogja Murah,Undangan Pernikahan Murah Tapi Bagus,Kartu Undangan Pernikahan Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya,Kartu Undangan Simple Dan Murah,

Kartu undangan nikah ini termasuk jenis hardcover full colour tanpa lembar isi.

Desain undangan simple dengan dominasi warna ungu yang menarik. Sangat cocok bagi anda yang menginginkan undangan pernikahan dengan desain yang tidak terlalu rame dan ukuran yang tidak terlalu besar.

 

Spesifikasi undangan:

– ukuran 10 x 20 cm posisi tertutup
– cover undangan full colour tanpa lembar isi
– lipat 2
– jenis kertas yang digunakan adalah kertas ivory
– laminasi doff

 

Harga per 1000 @Rp 5.100,-

Harga per 700 @Rp 5.400,-

Harga per 300 @Rp 6.100,-

 

Untuk pemesanan Anda bisa menghubingi kami SMS/WA 0857 4081 2002, 0878 3816 1150 Pin BB D008D475

Bila anda masih bingung ingin membuat undangan dengan desain seperti apa, kami akan membantu anda mulai dari mendesain sampai mencetaknya jadi seperti undangan keinginan anda. GRATIS biaya desain.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi www.kedaigrafis.com

Selain Kartu Undangan Nikah, kami juga melayani desain dan cetakĀ Kartu Undangan Perkawinan

 

Urutan Prosesi Pernikahan Adat Jawa

Jika anda tinggal di Jawa, pasti familiar yaaa dengan janur kuning yang melengkung di depan rumah si wanita. Janur tersebut dimaksudkan seperti papan reklame semacam siaran untuk memberitahu masyarakat sekitar kalau ada pesta. Kalau jaman dahulu pesta pernikahan bisa sampai 7 hari karena mereka melakukan pertunjukan wayang.

Jika pihak pria dan wanita sudah merasa cocok dan siap melanjutkan ke jenjang pernikahan, maka keluarga prialah yang akan melakukan proses melamar. Jadi langkah pertama adalah:

PINANGAN, keluarga pria datang ke keluarga wanita membahas hari yang baik serta di mana prosesi pernikahannya nanti. Penentuan hari baik ini pun juga ada hitungannya sendiri lho dan biasanya memakan waktu yang agak lama jika ada ketidakcocokan antara dua keluarga.

PENINGSETAN, dalam tahap ini si pria dan keluarganya membawa seserahan yang berupa cincin, uang, pakaian wanita, serta makanan ke rumah si wanita.

PASANG TARUB, bila peningsetan sudah diterima, maka tahap berikutnya adalah pasang tarub. yaitu memasang pohon pisang di kanan kiri rumah sebagai gapura.

SIRAMAN, proses siraman menyusul sesudahnya. Inti proses ini adalah memandikan calon pengantin wanita dan disusul dengan prosesi ngerik.

NGERIK, atau menghilangkan rambut halus di wajah wanita supaya mudah dihias.

MIDODARENI, ini adalah tahap terakhir. Perkenalan diantara kedua keluarga besar yang akan menikah. Setelah itu menjadi bidadari. Selain dihias secantik mungkin, pengantin wanita biasanya disekap atau dilarang keluar rumah hingga keesokan harinya saat proses pernikahan dilangsungkan. Tujuan penyekapan? Surprise!

Dalam proses pernikahan budaya Jawa terdapat banyak detil dan tiap detil memiliki maknanya sendiri-sendiri.

Yang pertama dilakukan dalam prosesi pernikahan adalah akad nikah. Tanpa akad nikah, maka tidak sah pernikahannya. Setelah akad nikah, barulah prosesi kejawen dilakukan.

PANGGIH, adalah proses dipertemukannya kedua mempelai sambil dilakukannya tukar kembang mayang. Kemudian keduanya melakukan balangan.

BALANGAN, yaitu salinga melempar sirih yang dilinting. Balangan dimaksudkan untuk menghilangkan segala godaan pada masing-masing. Kemudian si pria menginjak telur (ngidak endhog)

NGIDAK ENDHOG, Maksudnya keduanya dinyatakan sudah layak secara seksual.

MIJIKI, yaitu si wanita membersihkan kaki si pria dengan air yang sudah disediakan. Mijiki ini bermaksud supaya keturunan yang dihasilkan baik.

TIMBANGAN, yaitu Ayah dari si wanita memangku keduanya, dengan si pria di kanan dan wanita di kiri. Kemudian sang ayah tersebut merangkul keduanya dan mengatakan “mereka seimbang”. Hal ini bermaksud bahwa keduanya memiliki status yang sama dalam rumah tangga.

KACAR KUCUR, Si pria menuangkan beras, uang dan si wanita menerimanya. Ini dimaksudkan agar si wanita berhati-hati dalam menggunakan uang sang suami nantinya.

DULANGAN, yaitu pria dan wanita saling menyuapi

SUNGKEM, yaitu kedua mempelai berlutut di hadapan kedua orang tua mereka sebagai tanda hormat.

Yup, itulah serangkaian prosesi pernikahan adat Jawa.

 

One thought on “Kartu Undangan Nikah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *